Sabtu, 24 Desember 2011

pelatihan Menulis dan Blogging

"Menulis itu susah di kepala, tapi mudah di jari"-Eko Rusdianto

Begitulah kira-kira salah satu kutipan yang sempat kami tangkap saat mengikuti pelatihan jurnalistik dan blogging dasar di hari minggu pagi, 24 des 2011 yang berlangsung di warung kopi Api sorowako.
Bersama 12 orang peserta dengan latar belakang yang berbeda, ada yang karyawan, ibu rumah tangga dan juga ada beberapa teman dari SMU. Tampak antusias peserta selama kelas berlangsung, tanya jawab seputaran teknik penulisan, bagaimana menyajikan tulisan dengan ide atau tema yang sama tetapi berbeda saat menuliskannya. Jika ada ide untuk menulis, tuliskan saja langsung. Jangan menunggu sampai kita merasa bahwa tulisan kita layak untuk dipublikasikan ke orang lain. Dengan begitu ide tulisan kita akan bisa tercatat dan kita tidak lupa. Bagus juga setelah kita menuliskannya kita baca ulang baru kemudian kita edit penggunaan serta pemilihan kalimatnya.  Biasanya, seorang penulis memerlukan orang lain untuk mengedit hasil tulisan kita. Karena dengan demikian kesalaha-kesalahan dalam menulis bisa diminimalisasikan. Jangan takut Menulis.

Selanjutnya setelah pelatihan menulis dilanjutkan dengan pelatihan membuat blog dasar menggunakan wordpress dan blogger. Untuk pengantar materi pembuatan blog wordpress dibawakan oleh Rohman dan materi pembuatan blog menggunakan blogger dibawakan oleh yuni .
Karena pada materi blog harus menggunakan akses internet, maka pelatihan membuat blog kelasnya dipindah ke warnet Budi Utomo net di kompleks sekolahan Budi Utomo. Hasil dari kelas menulis dan membuat blog ini adalah peserta membuat satu blog (blogger atau wordpress) kemudian mengunggah hasil tulisan yang sudah dibuat saat kelas menulis di awal tadi.

 
peserta pelatihan menulis dan membuat blog

Tidak ada komentar:

Posting Komentar